Kamis, 28 Juli 2011

Pemanfaatan Matahari, Sumber Energi Tak Terbatas

Mengapa Matahari? Matahari merupakan salah satu energi alternatif yang dapat digunakan untuk menghemat BBM yang tidak dapat diperbaharui lagi. Sehingga misalnya saat nanti terjadi krisis BBM yang cukup besar, don't worry! sudah ada Matahari yang menggantikan.
Panel surya merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengubah sinar matahari menjadi listrik. Listrik tersebut disimpan dalam aki, yang kemudian dapat disalurkan misalnya untuk menyalakan lampu di rumah.
Panel surya ini dapat dipasang di rumah-rumah atau di tempat umum. Di rumah, bisa digunakan untuk memanaskan air, bisa juga digunakan untuk listrik cadangan jika listrik dari PLN mati. Di tempat umum kita juga bisa melihat contohnya di jalan I.B. Mantra, Denpasar, Bali. Di sana terdapat Lampu Lalu Lintas yang menggunakan panel surya sebagai sumber energinya.
Namun panel surya ini memerlukan perlakuan khusus. Panel surya ini harus diletakkan di tempat yang tidak terdapat penghalang sinar matahari, misalnya pepohonan. Sehingga Panel dapat menyerap sinar matahari secara maksimal.
Tertarik? Tentu saja, tapi mengingat harganya yang relatif mahal dan memerlukan perawatan khusus. Kita mesti bersabar dulu ya... .


sel surya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar