Sabtu, 30 Juli 2011

Pemanfaatan Energi Secara Efektif

Apa sih sebenarnya efektif itu? Menurut kamus Bahasa Indonesia:
efek.tif
[a] (1) ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya); (2) manjur atau mujarab (tt obat); (3) dapat membawa hasil; berhasil guna (tt usaha, tindakan); mangkus; (4) mulai berlaku (tt undang-undang, peraturan)
Jadi, maksud dari pemanfaatan energi secara efektif adalah penggunaan atau pengolahan energi yang bisa memberikan efek baik positif maupun negatif.
Setelah kita tau pengertiannya, baru kita bisa melihat dan mengambil contohnya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saat kita menyalakan lampu, sebuah ruangan menjadi terang. Lampu memerlukan energi bukan? Atau misalnya saat kita menjemur pakaian, pakaian menjadi kering karena adanya sinar Matahari maupun angin yang bertiup. Hal-hal tersebut diatas merupakan pemanfaatan energi secara efektif dalam hal yang positif. Bagaimana dengan yang negatif?
Setiap hari kita pasti memanfaatkan energi untuk memenuhi kebutuhan hidup kita, namun terkadang kita tidak memanfaatkan energi untuk kegiatan yang positif, efektif memang, namun dalam hal yang negatif. Misalnya bermain korek api sembarangan, api juga merupakan energi. Efeknya bisa terjadi kebakaran yang bisa merugikan nyawa maupun materi.
Oleh karena itu marilah kita bersama-sama memanfaatkan energi secara efektif dalam hal positif, selain kita menghindari bencana, karena mungkin nanti akan berguna bagi generasi penerus kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar